Manfaat Docosahexaenoic Acid (DHA) Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Docosahexaenoic Acid (DHA) Bagi Kesehatan Tubuh – Gamatkapsul.com – Docosahexaenoic Acid atau disingkat DHA ini merupakan salah satu dari banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. DHA ini juga termasuk salahsatu senyawa asam lemak Omega-3 yang sangat dibutuhkan anak, bahkan pada bayi yang masih dalam kandungan.

Bahan aktif ini alami terdapat pada ASI, dan berbagai jenis ikan, seperti ikan tuna, salmon, makarel, dan sarden. Bukan hanya untuk ibu hamil atau bayi dalam kandungan, DHA juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Manfaat Docosahexaenoic Acid (DHA)

Manfaat Docosahexaenoic Acid (DHA) Bagi Kesehatan Tubuh

Sesuai dengan yang dikatakan diatas, bukan hanya baik untuk ibu hamil dan bayi, anda juga bisa mendapatkan manfaat yang banyak dari bahan aktif ini. Manfaat tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung
    Orang yang sering mengkonsumsi ikan laut seperti ikan salmon dan tiram bisa dipastikan memiliki kondisi jantung yang sehat. Dalam hal tersebut DHA dan EPA lah yang berperan dalam menurunkan angka trigliserida yang buruk untuk kesehatan pembuluh darah dan sistem kardiovaskular. Dengan begitu kesehatan jantung dapat terjaga dan tentunya berpengaruh baik bagi tubuh kita.
  2. Meredakan peradangan pada tubuh
    Inflamasi atau peradangan bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja. Salah satu penyebabnya ialah bisa dikarenakan orang tersebut kekurangan DHA. Peradangan sebaiknya jangan kita abaikan, karena jika terjadi pada area jantung, pembuluh darah dan persendian dapat menyebabkan masalah lebih. Namun, dengan mengkonsumsi kandungan DHA atau ikan laut secara rutin, anda dapat terhindar dari masalah tersebut.
  3. Menjaga tekanan darah
    Mengkonsumsi suplemen DHA atau makanan yang mengandung bahan aktif tersebut dapat menjaga tekanan darah anda agar selalu normal. Tekanan darah tinggi bisa terjadi akibat menyempitnya pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA, penyempitan tersebut dapat teratasi dan tekanan darahpun berangsur normal. Mengkonsumsi kandungan DHA sangat disarankan jika usia telah menginjak 30 tahun yang merupakan usia rawan.
  4. Menurunkan resiko bayi terlahir prematur
    Wanita dengan kondisi tubuh yang kurang akan kandungan nutrisi penting seperti DHA sangat beresiko memiliki bayi yang prematur. Untuk itu, sebaiknya kita lebih sering lagi mengkonsumsi makanan sehat salah satunya makanan yang mengandung DHA yang cukup untuk tubuh kita. Dengan begitu resiko bayi terlahir prematur jadi menurun, dan semoga Allah SWT memberikan kita buah hati yang sehat, normal dan terntunya soleh, atau solehah, Amin.
  5. Mencegah Alzheimer
    Alzheimer adalah penyakit degeneratif progresif pada otak yang biasanya menyerang orang tua dan sering dikaitkan dengan plak-plak pada otak. Orang dengan kondisi penyakit ini ditandai dengan kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia. Namun anda dapat mencegahnya dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA sejak dini, agar disaat tua nanti tidak mengalami kepikunan
  6. Meredakan sakit otot setelah olahraga
    Olahraga intens seperti lari dengan jarak yang cukup jauh, angkat beban, bersepeda ke tempat jauh dan sebagainya biasanya akan membuat otot terasa nyeri. Rasa nyeri tersebut biasanya membuat kita merasa lemas dan malas. Asupan DHA dapat menurunkan rasa nyeri tersebut.

Bagaimana cara kita mendapatkan asupan DHA untuk tubuh?

Mungkin setelah ini anda jadi tertarik dengan khasiat kandungan DHA bagi tubuh, dan mulai mencari makanan yang mengandung DHA. Makanan dengan kandungan DHA biasanya juga mengandung omega-3 dan berikut ini adalah makanan yang menjadi sumber DHA:

  • Ikan laut berlemak sehat
    Jika anda ingin mulai mencoba kandungan DHA, anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi makarel, salmon, atau ikan sarden.
  • Teripang emas
    Anda juga bisa memanfaat kan teripang emas sebagai makanan yang mengandung DHA, bahkan Teripang emas memiliki kandungan lain yang banyak dan baik untuk kesehatan tubuh kita.
  • Kaviar
    Yaitu makanan mahal yang dihasilkan dari ikan yang dirawat dengan baik. Didalamnya terkandung omega-3, DHA, kolin, dan omega-6.
  • Flaxseed
    Biji dari tanaman rami ini bisa menyuplai omega-3 yang cukup besar dalam tubuh. Flaxseed bisa kita manfaatkan dengan pengolahan yang dilakukan dengan cara disangrai agar kandungan sianida-nya hilang.
  • Kacang kedelai.
    Kacang-kacangan yang banyak diolah menjadi makanan ini memiliki banyak manfaat. Bukan hanyak DHA saja, kandungan protein didalamnya juga cukup tinggi.

Selain dari makanan tersebut, anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen atau produk-produk sejenis nya.

Itulah informasi mengenai Manfaat Docosahexaenoic Acid (DHA) Bagi Kesehatan Tubuh, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kita semua.

 

Kapsul Gamat Emas