Manfaat dan Efek Samping Teripang

Manfaat dan efek samping teripang - Teripang (Sea Cucumber) Adalah hewan laut yang memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dan sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar produk kesehatan. Teripang memiliki lebih dari 1200 jenis yang tersebar diseluruh lautan di dunia. Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup didasar substrat pasir, lumpur pasiran ataupun dilingkungan terumbu. Sejak jaman dahulu teripang sudah dikonsumsi dan daipakai untuk pengobatan berbagai penyakit dengan pengolahannya yang sangat sederhana. Namun sekarang sudah banyak teknologi modern untuk mengolah teripang sehingga khasiatnya lebih terjamin.

gamatkapsul.com Beberapa spesies teripang yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi diantaranya, teripang putih (Holothuria scabra), teripang koro (Microthele nobelis), teripang pandan (Theenota ananas), teripang dongnga (Stichopu ssp), teripang emas ( golden stichopus variegatus ) dan beberapa jenis teripang lainnya. Menurut penelitian, teripang mempunyai banyak nutrisi dan senyawa aktif disalamnya. Kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terkandung didalam teripang, diantaranya Protein, Kolagen, Omega-3, 6, dan 9, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Asam Amino, Lektin, Vitamin A, B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), dan B3 (Niacin), serta Gamapeptide (yang hanya dimiliki oleh jenis teripang emas).

Manfaat dan Efek Samping Teripang

gamat emas4

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teripang atau gamat mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Anda perlu mengetahui berbagai manfaatnya serta teripang juga mempunyai efek samping tersendiri. Berikut ini akan dijelaskan mengenau manfaat dan efek samping teripang, simak sampai tuntas penjelasannya.

Manfaat Teripang

Banyak penelitian yang sudah membuktikan tentang manfaat dan khasiat dari teripang. Dari berbagai kandungan didalamnya teripang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan, dantaranya:

  • Sumber protein yang tinggi.
  • Sebagai Anti-inflamasi.
  • Sebagai senyawa Antivirus.
  • Sebagai senyawa Antimikroba.
  • Pencegah kanker.
  • Pencegah arthritis.
  • Pencegah pembekuan darah.
  • Mengobati luka pada tubuh.
  • Sumber antioksidan yang tinggi.
  • Peningkan sistem imun tubuh dan peningkat stamina.
  • Sebagai Anti-trombotik.

Berikut ini beberapa kutipan dari peneliti dan ahli kesehatan tentang manfaat dari teripang:

Menurut Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI. Teripang laut mengandung protein yang tinggi, yaitu mencapai 86,8% yang sangat baik untuk mengatasi penyakit diabetes melitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin, sehingga produksi insulin meningkat. Teripang juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai E philinopside, atau PE. PE berguna untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Menurut Dr Oetjoeng Handajanto Sukajadi, Bandung. Teripang mengandung kolagen yang bagus untuk meregenerasi sel dan jaringan tubuh secara cepat. Dibuktikan dengan percobaan pada penderita gangren atau luka diabetes melitu, dalam hitungan hari seterlah menggunakan ekstrak teripang luka pun mengering. Kolagen dalam teripang dapat mempercepat penyembuhan.

Dr Ir Delianis Pringgenies MSc, peneliti dan dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Semarang. membahas tentang manfaat teripang. Teripang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dan peradangan, menormalkan kadar gula darah, merangsang pemulihan sel, serta menghilangkan rasa sakit,banyak sekali manfaatnya. Seperti menjadi obat anti diabetes dan lupus, suplemen dan kosmetik.

Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Menyatakan bahwa " kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan kadar trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang golden stichoupus variegatus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.

Efek Samping Teripang

Setelah membahas mengenai berbagai manfaat teripang yang sangat luar biasa untuk kesehatan, teripang juga mempunyai beberapa efek samping. Efek samping teripang berhubungan dengan cara mengkonsumsi teripang secara , cara pengolahan dan karena tidak terbiasa mengkonsumsinya. Secara keseluruhan efek samping teripang tidak berbahaya untuk kesehatan, berikut ini penjelasan mengenai efek samping teripang:

  • Jika Anda mempunyai alergi terhadap makanan laut atau seafood lebih baik Anda tidak mengkonsumsi teripang secara langsung. Karena dapat menimbulkan efek samping seperti alergi, gatal-gatal, dan ruam dikulit.
  • Anda juga disarankan tidak mengkonsumsi teripang jika sedang mengkonsumsi obat pengencer darah karena mungkin dapat mengakibatkan beberapa masalah pada kesehatan Anda.
  • Wanita hamil dan menyusui juga disarankan tidak mengkonsumsi teripang secara langsung karena dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan bayi dan ibu hamail. Karena sejauh ini belum ada bukti ilmiah terkait teripang aman dikonsumsi secara langsung oleh ibu hamil dan bayi.

Mungkin itulah beberapa efek samping dari mengkonsumsi teripang secara langsung. Namun Anda jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak teripang yang diolah dengan terkologi modern. Sehingga Anda dapat mengkonsmsi ekstrak teripang yang lebih aman.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dan efek samping teripang. Teripang adalah nutrisi yang disediakan alam dari laut, manfaatkanlah untuk kesehatan Anda dengan mengkonsumsi ekstraknya karena dinilai lebih aman tanpa efek samping jika dibandingkan mengkonsumsi secara langsung dijadikan santapan.

Order Via Whatsapp!!! BELI DISINI