Jenis Gamat Atau Teripang yang Bisa dikonsumsi

Jenis gamat atau teripang yang bisa dikonsumsi - Gamat atau teripang atau timun laut adalah hewan laut invertebrata (hewan tak bertulang belakang) Holothuroidea yang bisa dikonsumsi. Gamat atau teripang tersebar luas hidup diseluruh lautan di dunia, hewan yang bergerak lambat dan hidup di dasar substrat pasir, lumpur pasiran dan terumbu ini berperan sangat vital sebagai pemakan deposit dan pemakan suspensi. Kelompok timun laut memiliki lebih dari 1200 jenis dan sekitar 30 jenis di antaranya merupakan kelompok teripang.

Gamat sudah dimanfaatkan dan digunakan sejak dahulu sebagai pengobatan berbagai jenis penyakit. Gamat dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena diyakini mengandung berbagai macan nutrisi dan senyawa aktif penting yang sangat bergunak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa jenis teripang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi diantaranya teripang putih (Holothuria scabra), teripang koro (Microthele nobelis), teripang pandan (Theenota ananas), teripang dongnga (Stichopu ssp) dan beberapa jenis teripang lainnya.

Jenis Gamat atau Teripang yang Bisa dikonsumsi

gamat emas4

Dari sekian banyak jenis teripang yang ada di seluruh lautan dunia, ada beberapa jenis teripang yang aman atau bisa dikonsumsi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), teripang memiliki kandungan yang sangat lengkap, dianataranya 9 jenis karbohidrat, 59 jenis asam lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin, 10 mineral, 5 jenis sterol dan berbagai senyawa alami lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis gamat yang bisa dikonsumsi, diantaranya sebagai berikut :

Spesies Holothuria

  • Teripang putih atau teripang pasir (Holothuria scabra)
  • Teripang hitam (Holothuria edulis)
  • Teripang getah atau keling (Holothuria vacabunda)
  • Teripang merah (Holothuria vatientis)
  • Teripang cokelat (Holothuria marmorata)
  • Teripang susuan (Holothuria nobilis)

Spesies Muelleria

  • Mueleria lecanora

Spesies Stichopus

  • Stichopus ananas
  • Stichopus chloromatus
  • Stichopus variegatus

Dari beberapa jenis teripang diatas, jenis spesies (Holothuria Scabra) teripang putih atau teripang pasir yang paling banyak ditangkap dan diperjualbelikan. Sedangkan untuk jenis teripang yang sering digunkaan sebagai bahan dasar produk kesehatan adalah jenis teripang emas (Stichopus variegatus). Karena diyakini memiliki kandungan yang lengkap yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan pemulihan penyakit.

Beberapa penelitian pernah dilakukan terhadap teripang, hasilnya membuktikan bahwa teripang diyakini memiliki kandungan Cell Growth Factor atau faktor generasi sel. Sehingga teripang bisa merangsang regenerasi sel dan jaringan tubuh yang telah rusak dan juga dapat mempercepat penyembuhan luka luar sehingga dapat pulih dengan cepat.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh Prof.Dr.Hassan Yaakob, PhD University of Malaysia. Mengungkapkan bahwa teripang mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan alergi gatal-gatal pada kulit, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, membersihkan racun pada hati, menyembuhkan penyakit asma kronis dan menyembuhkan bisul.

Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI, mengungkapkan bahwa teripang memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu mencapai 86%. Sehingga teripang sangat baik diberikan pada penderita diabetes melitus, protein berfungsi untuk meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Sehingga produksi insulin dapat meningkat.

Itulah berbagai penjelasan tentang hewan laut yang sangat bermanfaat, yaitu teripang atau gamat dan juga beberapa jenis teripang yang dapat Anda konsumsi karena aman dan bermanfaat. Teripang juga mempunyai nilai jual yang cukup tinggi dan banyak dicari untuk dikonsumsi serta dimanfaatkan sebagai alternatif penyembuhan berbagai macam penyakit.

Order Via Whatsapp!!! BELI DISINI